Total Tayangan Laman

Kamis, 17 November 2011

Entrepreneur

Pengertian dan Definisi Kewirausahaan

Kewirausahaan pada hakekatnya adalah sifat, ciri dan watak seseorang yang memiliki kemauan dalam mewujudkan gagasan inovatif ke dalam dunia nyata secara kreatif (Suryana, 2000)
Istilah kewirausahaan berasal dari terjemahan “Entrepreneurship”, dapat diartikan sebagai “ the backbone of economy”, yang adalah syaraf pusat perekonomian atau pengendali perekonomian suatu bangsa (Soeharto Wirakusumo, 1997).
Menurut Thomas Zimmerer, kewirausahaan merupakan penerapan kreativitas dan keinovasian untuk memecahkan permasalahan dan upaya untuk memanfaatkan peluang yang dihadapi sehari-hari. Kewirausahaan merupakan gabungan dari kreativitas, keinovasian dan keberanian menghadapi resiko yang dilakukan dengan cara kerja keras untuk membentuk dan memelihara usaha baru.
George Gilder dalam The Spirit of Enterprise, mengatakan “Para wirausahawan adalah innovator yang membangkitkan permintaan.” Mereka adalah pembuat pasar, pencipta modal, pengembang peluang dan penghasil teknologi baru. Istilah kewirausahaan banyak dijumpai dalam uraian yang merupakan kata dasar wirausaha yang berarti segala sesuatu yang berhubungan dengan kata wirausaha.
Menurut Marzuki Usman, pengertian wirausahawan dalam konteks manajemen adalah seseorang yang memiliki kemampuan dalam menggunakan sumber daya, seperti financial, bahan mentah dan tenaga kerja untuk menghasilkan suatu produk baru, bisnis baru, proses produksi ataupun pengembangan organisasi. Wirausahawan adalah seseorang yang memiliki kombinasi unsur-unsur internal yang meliputi kombinasi motivasi, visi, komunikasi, optimism, dorongan semangat dan kemampuan untuk memanfaatkan peluang usaha.
Menurut Sri Edi Swasono, dalam konteks bisnis, wirausahawan adalah pengusaha, tetapi tidak semua pengusaha adalah wirausahawan. Wirausahawan adalah pionir dalam bisnis, innovator, penanggung resiko, yang memiliki visi ke dalam dan memiliki keunggulan dalam berprestasi di bidang usaha.
Dari beberapa pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa kewirausahaan adalah suatu kemampuan dalam berpikir kreatif dan berperilaku inovatif yang dijadikan dasr, sumber daya, tenaga penggerak, tujuan siasat, kiat dan proses dalam menghadapi tantangan hidup.
Namun perlu diingat kewirausahaan itu bukan untuk sekedar menghasilkan uang, tetapi menghasilkan sesuatu yang diperlukan masyarakat yaitu inovatif, semangat untuk memberikan kontribusi positif bagi masyarakat.

Karakteristik Seorang Wirausaha

Ciri-ciri seorang wirausaha
1.      Pandai mengelola ketakutannya
Seorang wirausaha pandai mengelola ketakutannya untuk membangkitkan keberanian dan kepercayaan dirinya dalam menghadapi resiko (risk manager bukan risk taker)
2.      Mempunyai “iris mata” yang berbeda dengan yang lain
Dalam hal ini iris mata adalah cara pandang terhadap sesuatu (masalah, kesulitan, perubahan, diri sendiri, lingkungan, trend dan kejadian) untuk memunculkan kreatifitasnya agar tercipta ide-ide baru, konsep, gagasan yang berbeda dengan orang lain.
3.      Pemasar sejati atau penjual ulung
Kemampuan yang harus dimiliki ini mempermudah seorang wirausaha untuk menyebarluaskan informasi kepada jaringannya tentang kreatifitas yang anda miliki.
4.      Melawan arus dan menyukai tantangan
Seorang wirausaha cenderung tidak suka mengikuti arus tengah, orang atau terperangkap di dalam kehidupan yang monoton. Ia tidak bias diam, berpikir dan terus berpikir kreatif.
5.      High determination (mempunyai keteguhan hati yang tinggi)
Keteguhan hati yang tinggi membuat seorang wirausaha sejati siap menerima segala bentuk kegagalan, dalam artian mencoba melihat kembali kejadian yang ada dan mencari jalan penyelesaiannya.
6.      Tidak menerima apa yang didepannya dan selalu mencari yang terbaik (perfectionist)
Seorang wirausaha tidak hanya puas terhadap apa yang telah ia kerjakan tapi harus mampu memberikan yang lebih baik dari apa yang sudah ada.


Sudut pandang (mitos-mitos) yang salah tentang kewirausahaan
1.      Wirausaha yang sukses karena guratan nasib (jalan hidup)
Banyak orang tidak berani menjadi seorang wirausaha dikarenakan dirinya percaya pada perkataan orang lain. Dalam hal ini sukses dan tidaknya seorang wirausaha tergantung pada dirinya sendiri.
2.      Wirausaha itu bersifat keturunan
Sebagian orang berpikir bahwa menjadi seorang wirausaha adalah karena factor keturunan, pendapat ini diperkuat orang-orang disekitar mereka.
3.      Menjadi wirausaha setelah ada peluang yang bagus
Sering juga mitos ini menghantui kebanyakan orang sehingga tidak berani untuk mengambil satu keputusan memulai suatu usaha.
4.      Wirausaha yang sukses karena punya modal besar
Modal dalam hal ini tidak selalu identek dengan uang.
5.      Menjadi wirausaha karena bakat dan tidak bisa dipelajari
Hal ini tidak benar, selama kita mempunyai tekad dan keberanian serta keinginan untuk belajar menjaddi wirausaha.

1 komentar:

  1. Saya berkata: semoga saya punya sifat, ciri dan watak seorang pengusaha ya, karena saya lagi mulai dagang baju muslim kecil-kecilan melalui media blog,,,Thx infonya.

    BalasHapus