Total Tayangan Laman

Rabu, 19 Oktober 2016

Kewirausahaan dan Usaha Kecil





1.     Pengertian Usaha / Bisnis Kecil
Sejauh ini, kita sering menemui berbagai definisi/pembatasan mengenal usaha/bisnis kecil, jenis bisnis ini memang sangat sukar didefinisikan dan sangat relatif untuk ukuran masing-masing Negara. Pedagang minuman, tempat penyewaan video, restoran, adalah termasuk bentuk usaha kecil.  Di Negara kita, usaha kecil biasa disebut untuk perusahaan dengan jumlah tenaga kerja yang berkisar antara 50-99 orang. Namun untuk ukuran AS, The U.S Departement Of Commerce  mengkategorikan usaha kecil sebagai usaha dengan jumlah tenaga kerja sekitar 500 orang. Yang lebih mencengangkan lagi adalah criteria dari The U.S Small Business Administration (SBA)b^ Agen pemerintah lainnya yang menyatakan bahwa termasuk usaha kecil adalah perusahaan yang jumlah tenaga kerjanya tidak lebih dari 1.500norang. Bandingkan dengan criteria di Negara kita, jumlah pekerja 1.500 tidak lagi untuk small business tetapi untuk perusahaan yang tergolong sangat besar (very large business).
Mengingat adanya kesulitan mendefinisikan usaha kecil dengan angka-angka,, maka kita coba tarik pengertian secara umum saja.  Usaha kecil adalah suatu bentuk usaha yang tidak tergantung kepada pemilik dan manajemennya serta tidak menguasai/mendominasi pasar di mana ia berada. Usaha kecil tidak menjadi bagian dari bisnis lainnya, sehingga sebagai perusahaan kecil tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap pasar di mana dia berada. Computer Compaq, umpamanya pada awalnya adalah usaha kecil ketika berdiri pada tahun 1984, tetapi sekarang telah menjadi perusahaan besar yang menguasai pasaran computer. Dengan kata lain ia tidak bias dikategorikan sebagai usaha kecil lagi. Kisah teh botol sosro pada awalnya juga demikian. Awalnya ia hanya merupakan usaha rumah tangga yang dikerjakan oleh keluarga sosro seorang petani teh di sebuah deda di Jawa Timu. Namun karena kegigihannya memasarkan produk yang merupakan pelopor, jauh sebelum munculnya produk AMDK (air minum dalam kemasan ) asli Indonesia lainnya.
2.     Peran Usaha Kecil
Di berbagai Negara, usaha kecil ternyata memiliki kontribusi yang tidak kecil. Rata-rata perusahaan / bisnis di Amerika Serikat misalnya, menampung karyawan / pekerja tidak lebih dari 100 orang. Dan sebagian besar bekerja pada usaha yang berskala kecil.
Ada beberapa alas an mengapa usaha kecil mempunyaipengaruh besar terhadap perekonomian di Negara –negara maju seperti AS. Di antaranya adalah bahwa usaha kecil secara historis di kenal mampu menampung tenaga kerja, lebih inovatif dan memberikan kontribusi penting bagi perusahaan-perusahaan. Usaha kecil sering disebut sebagai “ katup pengaman “dalam masalah pengangguran, dan berperan besar sebagai pemasok-pengecer bagi operasi perusahaan besar.
1.      Pencipta Lapangan Pekerjaan
Lebih dari 20 tahun terakhir menunjukkan bahwa lapangan kerja baru itu datangnya bukan dari jenis usaha besar tetapi berasal dari jenis usaha kecil. Kecil, muda dan berteknologi tinggi akan menghasilkan pekerjaan baru lebih cepat dari pada perusahaan tua., dan besar.
2.     Inovatif
Beberapa perusahaan kecil di Amerika Serikat telah berhasil menemukan personal computer, pisau cukur steanlees steel, radio transistor dan mesin foto copi, mesin jet dan sebagainya.
3.     Sangat penting bagi perusahaan besar.
Selain kedua hal di atas. Pereokonomian Amerika serikat sangat tergantung kepada bisnis kecil, karena hampir seluruh produk yang dibuat oleh perusahaan manufaktur besar dikerjakan melalui bisnis kecil.
3.     Bentuk-bentuk Usaha Kecil
Paling tidak ada lima jenis usaha kecil yang bisa kita masuki, yakni bisnis jasa, eceran, bisnis distribusi, agribisnis, atau manufaktur.
1.       Bisnis Jasa dewasa ini merupakan yang terbesar dan cepat oertumbuhannya dalam dunia bisnis kecil. Jasa juga membawa keuntungan yang sangat besar bagi wirausaha kecil yang mampu berinovasi tinggi. Misalnya car rental, konsultan manajemen dll.
2.       Bisnis Eceran (retail Business)
Adalah bentuk  bisnis kecil yang ditekuni oleh wirausaha keci. Bisnis eceran adalah satu-satunya usaha yang menjual priduk manufaktur yang langsung kepada konsumen.
3,    Bisnis Distribusi (Wholesale Business)
        Sama seperti bisnis jasa dan eceran, wirausaha kecil sudah mulai mendominasi seluruh penjualan dalam jumlah besar. Bisnis ini adalah satu-satunya bisnis yang membeli barang dari pabrik atau produsen dan menjual kepada pedagang eceran.
4.       Agribisnis / Pertanian
Pertanian barangkali adalah bentuk bisnis kecil yang tertua. Pada awalnya hasil pertanian itu dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan sendiri dan keluarg, namun lama kelamaan menjadi sebuah bisnis yang cukup besar karena adanya ketergantungan masyarakat satu sama lain. Contoh dari hal ini adalah sebagian petani membutuhkan tanah dan sebagian lagi membutuhkan alat-alat dan ada juga yang membutuhkan pekerja.
5.       Bisnis Manufaktur
Bisnis manufaktur merupakan suatu bisnis kecil yang memerlukan modal untuk investasi yang cukup besar dibandingkan dengan empat bisnis jenis bisnis lainnya. Karena memerlukan tenaga kerja, teknologi dan bahan mentah untuk mengoperasikannya. Contoh pabrik kendaraan bermotor dll.
4. Keberhasilan Dan Kegagalan Usaha Kecil
              Bill Gates, Henry Ford, Haji Mas Agung, Pak Sosro, Tirto Utomo atau Ducan syme pada awalnya adalah wirausaha kecil yang kemudian berhasil namun tidak sedikit wirausaha kecil mengalami kegagalan dalam usahanya. Adapun mengapa perusahaan itu dapat berkembang
1.       Hal-hal Yang Mempengaruhi Suatu Kegagalan Suatu Usaha Kecil
Paling ridak ada empat factor yang ikut mendorong gagalnya suatu usaha kecil 
1.       Banyak perusahaan kecil yang dikelola oleh manajer yang kurang mampu dan kurang berpengalaman dalam menjalankan tugasnya.
2.       Kurangnya dukungan dari pihak yang berhubungan
3.       Masih lemahnya sistem control/pengawasan, dimana sistem pengontrolan yang lemah cenderung akan menyebabkan kerugian dan penggunaan sumber-sumber daya yang berlebiham
4.       Masalah kurangnya modal untuk menjalankan usahanya.
2.       Hal-hal Yang Mendukung Keberhasilan Suatu Usaha Kecil
Di antara factor-faktor yang mendukung keberhasilan suatu bisnis kecil adalah :
1.        Biasanya wirausaha-wirausaha kecil adalah tipe orang-orang yang ulet dan pekerja keras , mereka punya tujuan dan dedikasi yang tinggi. Pemilik usaha kecil juga mempunyai komitmen untuk mencapai tujuan dan berprestasi bagi perkembangan perusahaan
2.       Dukungan factor eksternal berupa peningkatan permintaan akan barang dan jasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar