1. Pengertian Usaha /
Bisnis Kecil
Sejauh ini, kita sering menemui
berbagai definisi/pembatasan mengenal usaha/bisnis kecil, jenis bisnis ini
memang sangat sukar didefinisikan dan sangat relatif untuk ukuran masing-masing
Negara. Pedagang minuman, tempat penyewaan video, restoran, adalah termasuk
bentuk usaha kecil. Di Negara kita,
usaha kecil biasa disebut untuk perusahaan dengan jumlah tenaga kerja yang
berkisar antara 50-99 orang. Namun untuk ukuran AS, The U.S Departement Of
Commerce mengkategorikan usaha kecil
sebagai usaha dengan jumlah tenaga kerja sekitar 500 orang. Yang lebih
mencengangkan lagi adalah criteria dari The U.S Small Business Administration
(SBA)b^ Agen pemerintah lainnya yang menyatakan bahwa termasuk usaha kecil
adalah perusahaan yang jumlah tenaga kerjanya tidak lebih dari 1.500norang.
Bandingkan dengan criteria di Negara kita, jumlah pekerja 1.500 tidak lagi
untuk small business tetapi untuk perusahaan yang tergolong sangat besar (very
large business).
Mengingat adanya kesulitan
mendefinisikan usaha kecil dengan angka-angka,, maka kita coba tarik pengertian
secara umum saja. Usaha kecil adalah
suatu bentuk usaha yang tidak tergantung kepada pemilik dan manajemennya serta
tidak menguasai/mendominasi pasar di mana ia berada. Usaha kecil tidak menjadi
bagian dari bisnis lainnya, sehingga sebagai perusahaan kecil tidak mempunyai
pengaruh signifikan terhadap pasar di mana dia berada. Computer Compaq,
umpamanya pada awalnya adalah usaha kecil ketika berdiri pada tahun 1984,
tetapi sekarang telah menjadi perusahaan besar yang menguasai pasaran computer.
Dengan kata lain ia tidak bias dikategorikan sebagai usaha kecil lagi. Kisah
teh botol sosro pada awalnya juga demikian. Awalnya ia hanya merupakan usaha
rumah tangga yang dikerjakan oleh keluarga sosro seorang petani teh di sebuah
deda di Jawa Timu. Namun karena kegigihannya memasarkan produk yang merupakan
pelopor, jauh sebelum munculnya produk AMDK (air minum dalam kemasan ) asli
Indonesia lainnya.
2. Peran Usaha Kecil
Di berbagai Negara, usaha kecil
ternyata memiliki kontribusi yang tidak kecil. Rata-rata perusahaan / bisnis di
Amerika Serikat misalnya, menampung karyawan / pekerja tidak lebih dari 100
orang. Dan sebagian besar bekerja pada usaha yang berskala kecil.
Ada beberapa alas an mengapa
usaha kecil mempunyaipengaruh besar terhadap perekonomian di Negara –negara
maju seperti AS. Di antaranya adalah bahwa usaha kecil secara historis di kenal
mampu menampung tenaga kerja, lebih inovatif dan memberikan kontribusi penting
bagi perusahaan-perusahaan. Usaha kecil sering disebut sebagai “ katup pengaman
“dalam masalah pengangguran, dan berperan besar sebagai pemasok-pengecer bagi
operasi perusahaan besar.
1. Pencipta Lapangan Pekerjaan
Lebih
dari 20 tahun terakhir menunjukkan bahwa lapangan kerja baru itu datangnya
bukan dari jenis usaha besar tetapi berasal dari jenis usaha kecil. Kecil, muda
dan berteknologi tinggi akan menghasilkan pekerjaan baru lebih cepat dari pada
perusahaan tua., dan besar.
2. Inovatif
Beberapa
perusahaan kecil di Amerika Serikat telah berhasil menemukan personal computer,
pisau cukur steanlees steel, radio transistor dan mesin foto copi, mesin jet
dan sebagainya.
3. Sangat penting bagi
perusahaan besar.
Selain
kedua hal di atas. Pereokonomian Amerika serikat sangat tergantung kepada
bisnis kecil, karena hampir seluruh produk yang dibuat oleh perusahaan
manufaktur besar dikerjakan melalui bisnis kecil.
3. Bentuk-bentuk Usaha
Kecil
Paling tidak ada lima jenis
usaha kecil yang bisa kita masuki, yakni bisnis jasa, eceran, bisnis
distribusi, agribisnis, atau manufaktur.
1. Bisnis Jasa dewasa
ini merupakan yang terbesar dan cepat oertumbuhannya dalam dunia bisnis kecil.
Jasa juga membawa keuntungan yang sangat besar bagi wirausaha kecil yang mampu
berinovasi tinggi. Misalnya car rental, konsultan manajemen dll.
2. Bisnis Eceran (retail
Business)
Adalah
bentuk bisnis kecil yang ditekuni oleh
wirausaha keci. Bisnis eceran adalah satu-satunya usaha yang menjual priduk
manufaktur yang langsung kepada konsumen.
3, Bisnis Distribusi (Wholesale Business)
Sama seperti bisnis jasa dan eceran, wirausaha
kecil sudah mulai mendominasi seluruh penjualan dalam jumlah besar. Bisnis ini
adalah satu-satunya bisnis yang membeli barang dari pabrik atau produsen dan
menjual kepada pedagang eceran.
4. Agribisnis /
Pertanian
Pertanian
barangkali adalah bentuk bisnis kecil yang tertua. Pada awalnya hasil pertanian
itu dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan sendiri dan keluarg, namun lama
kelamaan menjadi sebuah bisnis yang cukup besar karena adanya ketergantungan
masyarakat satu sama lain. Contoh dari hal ini adalah sebagian petani
membutuhkan tanah dan sebagian lagi membutuhkan alat-alat dan ada juga yang
membutuhkan pekerja.
5. Bisnis Manufaktur
Bisnis
manufaktur merupakan suatu bisnis kecil yang memerlukan modal untuk investasi
yang cukup besar dibandingkan dengan empat bisnis jenis bisnis lainnya. Karena
memerlukan tenaga kerja, teknologi dan bahan mentah untuk mengoperasikannya.
Contoh pabrik kendaraan bermotor dll.
4. Keberhasilan Dan Kegagalan
Usaha Kecil
Bill Gates, Henry Ford, Haji Mas
Agung, Pak Sosro, Tirto Utomo atau Ducan syme pada awalnya adalah wirausaha
kecil yang kemudian berhasil namun tidak sedikit wirausaha kecil mengalami
kegagalan dalam usahanya. Adapun mengapa perusahaan itu dapat berkembang
1. Hal-hal Yang
Mempengaruhi Suatu Kegagalan Suatu Usaha Kecil
Paling
ridak ada empat factor yang ikut mendorong gagalnya suatu usaha kecil
1. Banyak perusahaan
kecil yang dikelola oleh manajer yang kurang mampu dan kurang berpengalaman
dalam menjalankan tugasnya.
2. Kurangnya dukungan
dari pihak yang berhubungan
3. Masih lemahnya
sistem control/pengawasan, dimana sistem pengontrolan yang lemah cenderung akan
menyebabkan kerugian dan penggunaan sumber-sumber daya yang berlebiham
4. Masalah kurangnya
modal untuk menjalankan usahanya.
2. Hal-hal Yang
Mendukung Keberhasilan Suatu Usaha Kecil
Di
antara factor-faktor yang mendukung keberhasilan suatu bisnis kecil adalah :
1. Biasanya wirausaha-wirausaha kecil adalah tipe
orang-orang yang ulet dan pekerja keras , mereka punya tujuan dan dedikasi yang
tinggi. Pemilik usaha kecil juga mempunyai komitmen untuk mencapai tujuan dan
berprestasi bagi perkembangan perusahaan
2. Dukungan factor
eksternal berupa peningkatan permintaan akan barang dan jasa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar